Detail Berita

PESAN BUPATI ANAS KEPADA ANGGOTA PASKIBRA

Banyuwangi – Sebanyak 75 orang calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tingkat Kabupaten Banyuwangi resmi dikukuhkan oleh Bupati Abdullah Azwar Anas, di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Selasa malam (15/8). Mereka terpilih setelah berhasil lolos dari banyak penyisihan dan pelatihan sejak tiga bulan lalu (5/5).

Dalam pengukuhannya, Bupati Anas berpesan, kepada para Paskibra untuk bisa menjadi generasi yang memiliki kepribadian yang unggul. “Kalian terpilih dari sekian ratus pelajar Banyuwangi, ini bukan hal yang mudah. Maka sudah sepatutnya, kesempatan ini kalian pergunakan sebaik mungkin untuk mengembangkan kepribadian menjadi generasi yang unggul,” pesannya.

Selain itu, Anas juga mengharapkan Paskibra bisa menjadi duta Banyuwangi dalam menyampaikan rasa nasionalisme dan cinta tanah air kepada para pelajar dan anak muda lainnya. “Berbagai latihan telah kalian lewati, tidak hanya fisik, tapi juga wawasan kebangsaan dan nilai-nilai kepemimpinan. Hal tersebut, haruslah kalian tularkan kepada kawan-kawan kalian yang tidak mendapat kesempatan yang sama,” ucapnya.

75 Paskibraka yang telah dikukuhkan tersebut merupakan pelajar yang terpilih dari 574 pelajar lain yang ikut seleksi. Setelah lolos seleksi di tingkat kecamatan masing-masing, mereka disaring lagi di tingkat kabupaten. Dari 75 yang terpilih, kemudian dilakukan serangkaian pelatihan dan pembekalan, meliputi pengenalan lingkungan, olahraga, PBB, PPM, wawasan kebangsaan, kepemimpinan, pendidikan bela negara, tugas pokok dan fungsi Polri, dan kebaharian.

“Mereka semua memiliki semangat yang luar biasa selama berlatih. Motivasi mereka untuk maju sangat besar, sehingga kami cukup mudah untuk mendidik mereka mampu mengemban tugas sebagai pengibar bendera,” tutur Koordinator Pelatih Letnan Mathori.

Sementara itu, Dinda Yistin, merasa bangga bisa menjadi bagian dari Paskibraka Kabupaten Banyuwangi. Siswa kelas XI IPS MAN Banyuwangi itu, mengaku selama tiga minggu ini berlatih intensif, agar bisa menjadi bagian dari Paskibraka. “Saya bangga sekali bisa menjadi bagian dari Paskibraka ini,” cetusnya